SEKILAS INFO
: - Thursday, 20-09-2018
  • 1 minggu yang lalu / Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H

HumasPiar, Padang –¬†Keberadaan Perguruan Islam Ar Risalah Sumatera Barat telah menjadi ikon bangkitnya pamor pendidikan pesantren khususnya di Sumatera Barat. Hal ini terlihat dari meningkatnya antusias masyarakat memasukkan anaknya ke sekolah berbasis asrama (boarding school) itu beberapa waktu belakangan. Diantara faktor penyebabnya adalah santri sekolah berasrama ini mampu menunjukkan eksistensinya lewat berbagai prestasi akademik, hafalan Al Qur’an, penguasaan ilmu agama dan memiliki karakter yang matang.

 

Seorang peneliti dari Universitas Malaya, ,Khairul Asdiq saat melakukan risetnya di Padang, Rabu (18/7) mengungkap naiknya kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke pesantren, khususnya Perguruan Islam Ar Risalah, Padang, Sumatera Barat.

 

“Perguruan Islam Ar Risalah adalah ikon keunggulan pesantren. Belasan tahun lalu masyarakat begitu minder menyekolahkan anaknya ke pesantren. Pesantren hanya menjadi alternatif ‘pelarian’ jika tidak diterima di sekolah umum favorit. Bahkan mereka khawatir mau jadi apa anak mereka setelah tamat dari pesantren. Tapi Perguruan Islam Ar Risalah mampu membuktikan bahwa pesantren adalah pilihan terbaik untuk masa depan,” paparnya.

 

Lebih lanjut Asdiq mengungkap lulusan Perguruan Islam Ar Risalah disamping menguasai ilmu-ilmu syar’i, ternyata juga mampu berkompetisi di bidang sains.

 

“Lulusan Ar Risalah tak hanya tersebar di kampus-kampus agama, tapi juga di kampus-kampus umum dalam dan luar negeri, bahkan jumlah mereka sangat banyak. Ini bukti bahwa pesantren mampu bersaing. Perguruan Islam Ar Risalah sudah buktikan itu sejak awal hingga kini,” tandas kandidat doktor sejarah Universitas Malaya, Malaysia itu.

 

Sebagai lembaga pendidikan terbaik dan favorit di Sumatera Barat, Sumatera bahkan Indonesia dan Asean, Ar Risalah terus mengembangkan kualitas pendidikan dan berbagai fasilitas pendukungnya. Yayasan Wakaf Ar Risalah Sumatera Barat yang menaungi lembaga ini membentuk badan khusus pengelola wakaf (BPW) untuk mengelola danengembangkan aset-aset wakaf tersebut hingga manfaatnya bisa dirasakan lebih luas.

 

Berbekal kematangan konsep dan pengalaman Ar Risalah juga berbagi pengalaman dengan beberapa lembaga sejenis, bahkan memberikan pendampingan untuk pesantren yang baru berdiri seperti Pesantren Ashabul Kahfi di Lubuk Alung, Pariaman, Pesantren Darul Hikmah di Pasaman  dan juga ICBS Payakumbuh selama tiga tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Informasi Lowongan Kerja