Pemilu SMP Ar Risalah, Capres-cawapres Sampaikan Visi Misi

Padang|arrisalah.sch.id- Sebanyak 3 pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Siswa SMP Perguruan Islam Ar Risalah (BES-AR) Padang sampaikan visi-misinya, pada Jum’at (30/8). Agenda penyampaian visi-misi tersebut dilaksanakan di lapangan putra SMP Perguruan Islam Ar Risalah, dihadiri oleh seluruh guru, karyawan serta siswa. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda kampanye pemilu presiden dan wakil presiden siswa SMP Ar Risalah yang digelar awal September 2019 ini.

Pembina BES-AR SMP Ar Risalah, Ramadhona, S.Pt menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian agenda pemilihan umum siswa SMP, yang bertujuan untuk melatih jiwa demokratis para siswa, sebelum mereka berkecimpung langsung ke dalam lingkungan yang lebih luas pasca sekolah. Karena sistim organisasi siswa didesain sebagai miniatur bangsa dengan segala dinamikanya.

“Kampanye ini bertujuan untuk mengajar kepada siswa tentang apa itu demokrasi dengan membuat langkah – langkah seperti pemilihan presiden dan wakil presiden Indonesia, ujar Ramadhona, yang juga merupakan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan itu.

Ia menambahkan bahwa pihak sekolah hanya memberikan arahan dan sebagai fasilitator, adapun materi dan teknis pelaksanaan murni kreatifitas para siswa.

“Dalam penyampaian visi misi calon presiden dan wakil presiden tadi masih alami, keluar dari otak mereka (calon pres dan wapres) sendiri,” imbuhnya.

Agenda pemilihan umum siswa ini  berlangsung hampir bersamaan, baik di tingkat SMP maupun Madrasah Aliyah. Dalam pemilu ini seluruh siswa, bahkan guru dan karyawan terlibat langsung dalam memilih pengemban amanah kepemimpinan siswa selama satu tahun ke depan, baik di tingkat eksekutif maupun legislatif. (ms/mc)