Menyemai Berkah Hingga Asia Tenggara #5

Part 5- The Fourth Country, Thailand
(Pathani, Yala, Ranong dan Bangkok)

Negara berikutnya yang kami kunjungi adalah negara ‘Gajah Putih’ Thailand. Ada banyak pintu masuk menuju Thailand. Namun kami memilih pintu selatan untuk melanjutkan perjalanan 11 hari ini. Pintu ini dipilih karena tujuan akhirnya adalah sampai ke pulau Khawthaung di Myanmar. Pulau ini dihuni oleh lebih kurang 100 ribu jiwa, dan setengah dari penduduknya beragama Islam dan mayoritas beretnis Melayu.

Kunjungan kami ke Thailand ini bukan perdana, karena hubungan baik Ar Risalah dengan tokoh-tokoh muslim disana sudah terjalin dengan baik cukup lama. Sudah ada 14 orang siswa kami yang berasal dari Thailand. Mereka berasal dari bagian utara, tengah dan selatan. Ada yang berasal dari Bangkok, Phuket, Panga, Krabi, Patani dan Yala.

Tentunya misi kedatangan kami ke Thailand kali ini tidak lagi menawarkan anak-anak mereka untuk belajar di Ar Risalah. Tetapi bersilaturahim dan mengevaluasi capaian anak-anak mereka setelah selama satu atau dua tahun lebih bersama kami.

Kami saling bertukar pikiran dan memberi masukan dengan para orang tua sisiwa di sini. Ada banyak capaian yang membuat mereka senang dan tentu juga ada masukan dan saran untuk bisa ditindaklanjuti agar anak-anak mereka bisa lebih maju lagi. Termasuk karena adanya perbedaan budaya dan bahasa.

Alhamdulillah, ternyata harapan para orang tua di sana untuk menyekolahkan putra-putri mereka di Perguruan Islam Ar Risalah cukup besar. Dari perjalanan ke negeri ini, kami kembali menerima amanah sebanyak lima hingga enam calon siswa baru, untuk kami asuh di Ar Risalah. Sebagiannya adalah adik-adik dari siswa/i yang sudah lebih dulu belajar bersama kami. Semoga Allah kuatkan kami untuk memikul amanah ini.

Dalam perjalanan ke Thailand ini kami juga sempat berkunjung ke sekolah Islam terbesar di Yala, sekolah Nahdhatul Ulum. Sekolah ini memiliki lebih dari 2300 pelajar untuk tingkat SMP dan SMA. Di sekolah ini kami menandatangani MoU untuk saling bertukar fikiran dan gagasan dalam mengembangkan pendidikan Islam, saling berkunjung dan bekerjasama dalam mengembangkan metode menghafal Al-Quran. Semoga kerja sama ini juga menambah keberkahan utk kedua belah pihak. Aamiin

*Catatan Ustadz Muhammad Saleh Zulfahmi, Lc., MA – Pimpinan Perguruan Islam Ar Risalah
Editor: Harun AR

#PPDB Luar Negeri #Arrisalah keren #Ayo masuk Arrisalah