Menyemai Berkah Hingga Asia Tenggara #6

Part 6 – FTU (Fathani University)

Membicarakan pendidikan Islam di Thailand tidaklah cukup tanpa membicarakan FTU. Dulu, ketika 10 tahun yang lalu kami pertama kali datang, kampus ini bernama Yala University, sejak beberapa tahun belakangan berubah nama menjadi Fathani University (FTU).

FTU adalah universitas Islam terbesar bukan hanya di Selatan Thailand, tetapi di seluruh wilayah negara gajah putih tersebut.

Lokasinya sangat sejuk dan asri, berada di daerah perbukitan. Arsitekturnya sangat indah, megah dan tertata rapi. Bangunan-bangunan megah tersebut adalah bantuan atau wakaf dari negara-negara Islam, seperti; Qatar, Saudi Arabia, Emirat, Kuwait, dan Malaysia. Tapi heran juga, kenapa tdk ada gedung Indonesia ya? Semoga suatu saat nanti kita melihat gedung Indonesia juga berdiri di sana.

Selain memiliki fakultas-fakultas keislaman, FTU juga memiliki jurusan sains, bahasa asing, IT, ekonomi dan beberapa jurusan lainnya. Kampus ini juga membuka kelas internasional dengan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar utk ilmu-ilmu keislaman dan Bahasa Inggris untuk ilmu umum.

Saat ini FTU memiliki tidak kurang dari 4000 orang mahasiswa. FTU menjadi ayah bagi mahasiswa dari 30 negara, terutama dari negara-negara minoritas Islam.

Memasuki 20 tahun usianya, FTU telah memainkan peran luar biasa dalam membangun peradaban Islam di negara-negara minoritas tersebut.

Rektornya, Prof. Ismail Luthfi adalah sosok luar biasa. Pandangannya sangat jauh ke depan. Sangat bijak dalam bersikap dan menjadi teladan bagi semua keluarga besar FTU. Beliau juga menjadi sosok yang dihormati dan dimuliakan pemerintah Thailand. Semoga Allah selalu menjaga dan memberkahi umur beliau.

Beliau dibantu oleh para ustadz yang energik dengan cita-cita besar memuliakan Islam dan kaum muslimin. Salah seorang kepercayaan beliau, Prof Dr Sukree Langputeh yang kami kenal sebagi intelektual muslim yang energik, ramah dan pekerja keras. Beliau tidak saja menjadi ikon dan menjadi idola kaum muda Islam di negaranya, tetapi juga sangat banyak dimintai sumbang sarannya oleh banyak kalangan di kawasan Asean dalam melahirkan Islam yang toleran dan demokratis serta menjadi rahmah bagi semesta alam.

Di kampus ini beberapa alumni MA Perguruan Islam Ar Risalah juga sedang menuntut ilmu dengan beasiswa penuh dari kampus. Semoga suatu hari benih-benih keberkahan ini akan tumbuh menjadi peradaban gemilang di masa depan.

*Catatan Ustadz Muhammad Saleh Zulfahmi, Lc., MA – Pimpinan Perguruan Islam Ar Risalah
Editor: Harun AR

#PPDB Luar Negeri #Arrisalah keren #Ayo masuk Arrisalah