Ar Risalah Terima Bantuan Paket Internet XL Axiata

Perguruan Islam Ar-Risalah Padang menerima bantuan1.956 paket internet gratis dari XL Axiata Sumbar. Paket internet gratis ini akan diperuntukan untuk membantu para siswa mengikuti kegitan belajar daring selama masa pandemi Covid-19.

Penyerahan paket tersebut dilakukan di Aula MA Perguruan Islam Ar Risalah Padang, pada Selasa (8/9). Hadir dalam kegiatan ini pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, dan Dewan Pembina Asosiasi Diskominfo Provinsi se-Indonesia, juga mantan Kadis Kominfo Provinsi Sumbar Ir. Yeflin Luandri, M.Si, Ketua Umum Yayasan Wakaf Ar-Risalah H. Arwim Al Ibrahimi, Lc., MA. dan Head of Sales XL Axiata Sumbar – Jambi Trisna Gunawan.

Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi mengatakan, ini merupakan salah satu bentuk komitmen XL Axiata untuk berpartisipasi dalam mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

“Kami merasa bertanggung jawab membantu meringankan beban masyarakat yang terus berusaha agar anak-anaknya tetap bisa belajar. Selain itu, kerja sama XL Axiata dan Askompsi merupakan implementasi kedua pihak mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan proses belajar dan mengajar secara online selama pandemi COVID-19 masih berlangsung,” katanya.

Desy menambahkan, proses pembelajaran jarak jauh memang memerlukan terobosan dengan memanfaatkan layanan internet dan teknologi digital. Namun, untuk melaksanakannya, muncul kendala terkait dengan kemampuan masyarakat dalam menyediakan sarana smartphone, membeli paket kuota data, serta kualitas jaringan atau sinyal dari operator yang belum sepenuhnya menjangkau setiap area.

Program kerja sama ini diharapkan bisa memperingan beban sebagian pelajar dan orang tuanya dalam mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ.

Siswa Perguruan Islam Ar-Risalah yang mendapatkan bantuan ini terdiri 689 orang tingkat Madrasah Aliyah dan 1.267 orang tingkat SLTP. Paket bantuan berupa kartu sim AXIS yang masing-masing di dalamnya dibekali kuota data 30 GB yang bisa dipakai selama dua bulan yang sudah bisa mulai dipergunakan per 2 September 2020.

Kuota data 30GB yang diterima para siswa tersebut bisa dipakai untuk mengakses layanan Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom dan juga Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu.

Sementara itu Ketua Umum Yayasan Wakaf Ar-Risalah H. Arwim Al Ibrahimi, Lc., MA. mengatakan senang dengan bantuan yang diberikan XL Axiata sehingga bisa digunakan untuk proses belajar dan mengajar bagi siswa, serta ustadz, dan ustadzah.

“Terima kasih atas bantuan kartu paket internetnya, semoga menjadi amal ibadah yang diberikahi Allah SWT,” ungkap Arwim.