Perguruan Islam Ar Risalah Gelar Bimtek Pengasuhan

Perguruan Islam Ar Risalah Padang, Sumatera Barat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengasuhan bagi seluruh staf dan pengasuh asrama, Rabu (16/12/2020). Kegiatan diikuti oleh para pembina asrama SMP hingga Madrasah Aliyah guna menyambut proses belajar tatap muka yang akan dimulai awal Januari 2021 mendatang. Bimtek yang dilaksanakan di Aula MA Perguruan Islam Ar Risalah ini diisi dengan taujih dari Pembina Yayasan Waqaf Ar Risalah, Ustadz H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed, arahan dari Ketua Umum Yayasan, Ustadz. Arwim Al Ibrahimi, Lc., MA serta penyampaian materi dari tim bimtek.

Ketua Tim Bimtek Ustadz Herry Eko Jaya Putra, M.Pd sekaligus Kepala Penjamin Mutu (LPM) Yayasan Waqaf Ar Risalah, menyebutkan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian proses untuk merapikan kembali konsep-konsep pembinaan di asrama yang telah dilakukan oleh Ar Risalah sejak awal berdiri. Semua konsep yang pernah dilakukan dan dipelajari sejak Ar Risalah berdiri, kemudian diramu menjadi satu panduan standar manajemen pengasuhan yang jelas dan terukur.

“Ada lima standar yang kita kembangkan di Ar Risalah, yakni: Standar Karakter dan Kompetensi Siswa, Standar Pengasuh dan Tenaga Pengasuhan, Standar Pengelolaan Standar Sarana dan Prasarana, serta Standar Penilaian,” ungkapnya.

Menurut Herry, standar-standar tersebut bukanlah sesuatu yang benar-benar baru, melainkan upaya kita mengumpulkan semua ide berdasarkan pengalaman menjadi sebuah konsep pengasuhan yang lebih sistematis. Kelima standar ini dilaksanakan untuk membantu tercapainya karakter dan kompetensi siswa.

Sementara itu, Pembina Yayasan Waqaf Ar Risalah, Ustadz H. Irsyad Syafar, dalam taujihnya memberikan penguatan tentang penerapan nilai-nilai dakwah fardiyah dalam pengasuhan dan pembinaan bagi siswa.

“Pekerjaan sebagai pengasuh ini adalah pekerjaan mulia dan merupakan pekerjaan yang telah dikerjakan oleh para Nabi. Pekerjaan ini telah dilakukan secara da’wah fardhiyah, sebelum semua organisasi formal ada,” terang beliau.

Bimtek yang berlangsung satu hari ini dibuka oleh Ketua Yayasan Waqaf Ar Risalah Ustadz Arwim Al Ibrahimi, Lc., MA. Dalam pembukaan ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Ar Risalah untuk terus berbenah dan memperbaiki pengelolaan lembaga secara berkelanjutan.

“Kita berharap agar semua tim pengasuhan menjadikan penerapan standar manajemen ini sebagai laboratorium untuk terus belajar dan menghadirkan layanan yang terbaik dalam menghadirkan pembinaan yang berkualitas,” ungkap Ketua Yayasan. (*)